Memilih Raket Badminton yang Berkualitas

Badminton adalah olahraga favorit dan kebanggaan bagi masyarakat Indonesia. Selama beberapa dekade, Indonesia selalu melahirkan atlet bulutangkis yang hebat dan menjadikan Indonesia terkenal di panggung dunia. Sebut saja Susi Susanti, Alan Budikusuma, Taufik Hidayat, Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad. Inilah beberapa nama atlet bulutangkis Indonesia yang telah memenangkan berbagai kompetisi internasional. Jika Anda ingin menjadi atlet bulutangkis, Anda harus terlebih dahulu memiliki keterampilan. Seiring keterampilan yang terus dipertajam, bukan tidak mungkin jika suatu hari Anda menjadi atlet bulutangkis Indonesia yang membuat bangsa bangga. Selain memiliki keterampilan, Anda akan menemukan raket bulutangkis yang tepat untuk mendukung permainan Anda, untuk mendapatkan raket berkualitas namun dengan harga murah tentu anda bisa menunggu promo harbolnas tiba karena anda dapat membeli raket berkualitas tentu dengan diskon besar-besaran. Di sini kami telah merangkum bagaimana Anda dapat memilih raket bulutangkis untuk membuat permainan bulutangkis Anda semakin kuat.

  1. Spesifikasi raket
    Sebagai pemula Anda harus tahu bahwa cara paling penting untuk memilih raket bulutangkis adalah dengan memeriksa spesifikasi raket. Spesifikasi terdiri dari berat, titik keseimbangan, dan fleksibilitas. Berat raket bulutangkis ditandai dengan huruf U. Semakin banyak U, semakin mudah raket. Inilah 5 “U’s” pada raket bulutangkis yang harus Anda ketahui.
  2. Gaya bermain
    Setiap orang memiliki gaya bulutangkis mereka sendiri. Cara Anda memilih raket bulutangkis juga dapat disesuaikan dengan gaya bermain Anda. Jika Anda sering bermain dengan gaya menyerang, pilih raket yang tidak terlalu fleksibel, sehingga Anda bisa menyalurkan kekuatan pukulan untuk menghasilkan pelukan yang maksimal. Dengan gaya ofensif, jenis raket yang cocok untuk Anda adalah 2U-3U, yang agak berat. Seperti namanya, gaya defensif ini biasanya dilakukan untuk mendapatkan pukulan dari lawan Anda. Anda lebih mengandalkan reli dan kembali dengan ketukan ringan. Jika Anda selalu bermain dengan gaya bertahan, Anda dapat yakin bahwa raket ringan adalah raket yang tepat untuk Anda. Pilih raket yang beratnya 4U-3U.
  3. Pegangan Tangan
    Selain berat raket, Anda juga harus mengutamakan kenyamanan saat memegang raket. Pegangan bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin membeli raket baru. Cobalah pegang raket baru. Jika terasa enak di tangan baru, putuskan untuk membeli. Perhatikan juga jenis material yang menutupi gagang. Beberapa ditutupi dengan karet, yang lain ditutupi dengan handuk. Pegangan berlapis handuk terasa nyaman, tetapi seiring waktu bentuknya menjadi lebih buruk karena menyerap keringat. Sementara itu, pegangan karet lebih fleksibel dan tidak licin.
  4. Bentuk Bingkai
    Cara Anda memilih raket bulutangkis juga bisa dilihat dari bentuk kepala balap. Jika Anda memperhatikan bahwa ada 2 jenis bingkai raket bulutangkis di pasaran, satu adalah bentuk oval yang sangat konvensional, sedangkan yang lainnya adalah bingkai isometrik (hampir dekat bentuk persegi). Frame isometrik memiliki string yang lebih luas, sehingga mereka dapat menghasilkan smash yang baik. Sementara itu, kepala raket konvensional memiliki lebih sedikit tempat untuk istirahat daripada bingkai isometrik.
  5. Level pemain
    Anda tidak harus membeli raket profesional yang sangat mahal jika Anda seorang pemula. Beli saja raket murah, tapi jangan terlalu murah untuk lebih berkelanjutan dalam jangka panjang. Jika Anda berada di level berikutnya (pemula di atas), pilih raket berdasarkan gaya permainan Anda.
  6. Merk raket
    Tidak dapat dipungkiri bahwa raket bulutangkis juga menjadi pertimbangan kami ketika mencoba membeli raket baru. Ada beberapa merek raket bulutangkis yang dikenal di Indonesia seperti Yonex, Adidas, Wilson, Victor, Li Ning, Apacs dan banyak lagi. Setiap merek raket menawarkan jenis raket yang berbeda. Kemudian pertama-tama lihat merek raket bulutangkis terbaik yang menawarkan jenis raket yang Anda butuhkan. Tentu saja, beberapa merek terkenal seperti Yonex, Adidas dan Wilson menawarkan daya tahan yang lebih kuat daripada raket non-merek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *